Wednesday, August 27, 2014

Ternyata Semua Ini Berakhir Dengan Pengkhianatan Part 2

Setelah hamipr 1 bulan kita lost kontek. Aku ga tau kabar dia dan dia juga ga tau kabar aku. Kegiatan aku saat ini emang lagi nungguin panggilan kerja jadi ga banyak kegiatan yang bisa aku alihin buat lupain semua. Minggu mimggu awal emang berat tapi lama-lama mulai terbiasa. Jujur aku sempet down dan kondisi aku drop banget tapi mungkin masih wajar ya? Efek shock berat dan kondisi mental dan tubuh belum siap buat nerima kenyataan itu. Jelas jelas aku disini bener-bener jaga hati dan ga deket sama cowok manapun. Sahabat dan temen cowok akupun tau tentang masalah ini jadi mana mungkin kalau aku niat buat nyari pelarian. Aku tau ini ga baik buat diri aku dan tentunya bakal nyakitin orang juga. Aku bakal nunggu dan nyembuhin sendiri sampe bener-bener siap buat jatuh cinta lagi. (bahasanyaaa..hahahaha)

Aku sempet browsing tentang tahapan kehilangan seseorang ternyata menurut psikologi ada tahapan khusus yang emang bakal dilewatin sama orang yang kehilangan seseorang. Baik itu ditinggal meninggal atau ditinggal secara pengkhianatan seperti yang aku alami. Tahapan kehilangan menurut Kluber-Ross tersebut diantaranya.

1. Denial (Penyangkalan)
Penyangkalan ini ada pada tahap pertama. Seseorang yang baru saja kehilangan biasanya mengatakan : "ini tidak mungkin terjadi" "saya tidak percaya" dan lain lain yang merupakan tanda bahwa dia menyangkal tentang kenyataan yang telah dialaminya.

Ya, menurut aku ini awal yang sulit dan benar-benar menguras emosi. Karena diri kita belum siap atau bahkan tidak siap menerima kenyataan yang sebernya terjadi. Contohnya saja hal yang aku lakukan pada tahap ini saat itu terus berusaha menhubunginya, mengirim sms sebanyak-banyaknya berharap ini semua cuma emosi dia sesaat aja. Meskipun jelas jelas responnya dingin tapi aku masih menganggap kalau saat itu dia sedang marah. Aku melewati tahap ini kurang lebih 1 minggu.

2. Anger (Marah)
Setelah penyangkalan, seseorang biasanya marah dan merasa apa yang terjadi padanya sungguh tidak adil.

Setelah aku sadar kalau yang aku lakukan tadi sia sia. Aku marah dan kecewa berat dan merasa ini sama sekali tidak adil buat aku. Dulu di saat ada 2 cowok yang emang nyaris jadi orang ke 3 di hubungan aku. Aku masih pertahanin dan lebih milih dia dan relain 2 cowok itu tau status aku kalau aku udah punya pacar. 
Tapi kenapa kok balasan yang aku terima gini? Ini tahapan dimana air mata aku abis buat nangis nahan rasa sakit hati dan kekecewaan yang aku rasain saat itu melumpuhkan semua aktifitas aku. Aku melewati tahap ini kurang lebih 2 minggu.

3. Bargaining (Tawar Menawar)
Semisal dengan mengatakan : andai saja, dulu... kalau saja tidak ada wanita itu....

Di tahapan ini aku mulai sadar kalau dengan marah dan kecewa itu ga akan bisa balikin keadaan seperti semula. Semua yang udah terjadi saat ini ga bisa balikin keadaan. Di tahap ini aku lewati dengan penuh rasa penyesalan yang teramat sangat. Menyalahkan keadaan, "kenapa harus ada KKN?" Menyalahkan diri sendiri "Kenapa aku gagal buat pertahanin hubungan ini?" , "kenapa harus ada orang ke 3, setelah hubungan kita jalan 7 tahun?" , "Kenapa ga dari dulu aja putusnya kalau emang dia bukan yang terbaik?" berbagai macam penyesalan aku rasain saat itu. Dan kondisi ini aku lewatin kurang lebih 1 minggu. Semua tahap yang aku lewatin bener-bener menguras emosi.

4. Depression (Depresi)
Ini merupakan puncaknya. Seseorang bisa saja menjadi sangat tidak berdaya dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai pada tahap berikutnya.  

Setelah aku sadar kalau menyesal juga bukan cara terbaik yang harus aku lewatin  dan ga ada gunanya. Aku sadar aku ga bisa ngelakuin apa-apa lagi. Aku ga bisa balikin keadaan. Mungkin banyak kurangnya dari diri aku sampe dia tega buat ngekhianatin hubungan 6 tahun ini. Di tahap ini aku mulai merasa rendah diri, ga berguna, ga ada yang bisa aku lakuin. Cuma bisa diem di kamar sambil nangis dan ngurung diri tanpa ngelakuin apapun. Disini kondisi fisik aku mulai drop dan kondisi mental aku tertekan. Ini tahap terberat yang aku rasain. Rasa kecewa, sakit hati, marah, rasa sayang yang jadi benci, pengkhiantan, penyesalan semua aku rasain di tahap ini. Aku lewati tahap ini kurang lebih 2 minggu. 

5. Acceptance (Penerimaan)
Seseorang mulai dapat menerima dengan ikhlas apa yang terjadi.  

Baru seminggu ini aku mulai masuk tahap penerimaan. Menerima kalau emang ini jalan yang terbaik. Ikhtiar berbagai cara dari mulai Shalat sunat dhuha, Istikharah, Tahajud dan Shalat 5 waktu lainnya aku berdoa semoga dilapangkan dan di ikhlaskan semua yang aku rasain. Aku ikhtiar juga dengan coba ikut Hipnoterapi buat menyugesti alam bawah sadar agar lebih cepat dan lebih mudah menerima kenyataan ini. Alhmdulillah setelah semua ikhtiar aku coba aku mulai lebih pasrah dan ikhlas dengan keadaan yang saat ini aku terima.

Sekarang aku juga mencoba untuk menata ulang hidup aku, untuk menjalani hidup baru aku dengan seorang Kiky yang baru yang bisa buat bahagiain keluarga mamah, papah, dan satu-satunya adik ku. Aku fokus pada mereka. Untuk mengisi kekosongan dan rasa sepi aku chat sama orang orang baru yang sebelumnya tidak aku kenal. Coba sharing pengalam dan lainnya. Coba keluar rumah, hangout bareng sahabat aku  Akhirnya meskipun belum sepenuhnya melewati tahap ini aku udah cukup wake up dan move on! Tentunya dengan dukungan dari keluarga dan sahabat-sahabat aku akhirnya aku bisa ada di tahap terakhir kehilangan seseorang. Hampir 2 bulan lebih melewati tahapan kehilangan waktu yang lumayan cepat buat move on.

Aku mau ngucapin makasih banyak buat mamah, papah dan adik aku yang selalu mendukung dan menerima aku dengan keadaan yang telah aku alamin 2 bulan lebih kemarin. Mamah yang selalu nganter-nganter aku nyari kerja. Papah yang biayain semua yang aku butuhin selama ini dan ngajak main aku di saat tau kondisi aku lagi down kemaren. Adik aku yang selalu ngehibur dengan caranya sendiri meskipun kadang nyebelin tapi dia adik yang baik dia pernah bilang "udah lah teh, kalo putus berarti dia bukan jodoh teteh. Cari aja lagi" Simple tapi bermakna. 

Buat sahabat aku yang selalu dukung Hani makasih banyak suportnya nemenin aku ngelewatin semua tahap kehilangan hingga sekarang aku ada di tahap terakhir. Buat Annisa, Anis, Citra, Sofi, Diana, Ozy, Dani, Tiwi, Tiara, Evy, Lia, Budi, Des, Dimas yang udah support aku dengan cara kalian. Makasih ya. Dan Makasih juga buat temen-temen lain yang ga bisa aku sebutin buat dukungan dan supportnya sampe aku bisa lebih baik sekarang. Makasih sekali lagi. Maaf kalau aku ngerepotin. Maaaaaf banget :(

Harapan aku, mudah-mudahan kedepannya aku bisa lebih baik, bisa dapetin yang terbaik, dan mudah-mudahan juga ini merupakan jalan yang paling baik buat aku sama dena. :) 

No comments:

Post a Comment