Wednesday, December 11, 2013

TEMPAT KULINER MURAH DI KOTA BANDUNG

Ngomongin soal kuliner, jadi pengen sharing tentang tempat makan dan makanan di Kota Bandung yang biasanya sering aku datengin kalo pas lagi main keluar nih. Sebenernya aku juga kadang nyari referensi di internet tentang makanan dan tempat makan yang TOP di Kota Kembang ini tapi ada beberapa juga yang iseng nyoba eh ternyata ketagihan. Hehe.

Daripada harus banyak panjang lebar lagi lets check this out! :

1. PUJASERA MERDEKA BANDUNG

pujasera merdeka Jl. Punawarman nomernya lupa pokoknya jalan yang mau ke BEC
di sebelah kanan terus aja cari.

Ini adalah tempat makan yang paling sering aku datengin kalo emang lagi bingung mau kemana. Kenapa kita pilih ini? karena di Pujasera Merdeka Bandung ini selain banyaak banget pilihan menunya harganya juga bisa dibilang murah dan tentunya soal rasa enak juga dong. Disinni banyak banget menunya mulai dari seafood, batagor, baso, ayam timbel, steak, bubur ayam, kupat tahu, baso tahu, soto, gule, nasi padang, nasi goreng, pisang keju, lumpia basah. es campur, juice, es krim, es duian, banana split, es cendol, es goyobod semua ada disini. Kisaran harganya juga dari Rp. 8000. - Rp. 20.000. untuk makanan dan Rp. 3000. - Rp. 10.000 untuk minuman. Pokoknya pas banget deh buat uang saku pelajar dan mahasiswa mah. Jangan salah meskipun murah bukan berarti murahan hehe tempat makannya juga enak kok. Kalo mau dateng kesini aku rekomendasiin menu Soto Ayam Kudus dan Sop Iga nya deh Harganya cuma Rp. 12.000. Udah sama nasi dan kerupuk Hemat tapi kenyang. Hehehe. ;D

 2. MADTARI

Deket Taman Flexi kalo dari arah jl. Merdeka (BIP) lurus aja nanti belok sebelah kiri.

Buat orang Bandung mah ini dah mainstream banget deh siapa sih yang ga tau Madtari. Pisang Keju dan Roti bakar yang kejunya udah kayak gunung numpuk banget. Kadang kalo kebanyakan suka Eneg buat aku. Tapi ya kalo yang suka keju sih psti enak enak aja. hehe Madtari sebenernya ada beberapa cabang, cuma kita mah sering datengnya yang deket Taman Flexi yang mau arah ke dago sebelah kiri. Harganya ya berkisar dari Rp. 12.000 - Rp. 20.000 untuk minuman juga ga beda jauh dari situ. Selain Roti dan Pisang Keju disini juga jual Interjunet ( Indomie + telor + keju + kornet) Mau goreng atau kuah juga ada. Karena berhubung aku ga terlalu suka keju jadi kalo kebanyakan sama kayak makan pisang kejunya suka eneg. Ramenya sih biasanya malem tapi sore juga bisa kok. Malah biasanya aku sengaja datengnya sore biar ga terlalu penuh.

3. AYAM GORENG SPG

Jl. Balong Gede sekitar daerah alun alun Bandung, Sejajarn sama warung Nasi bu Imas. Terus aja cari aja warung nasi kaki lima yang paling rame. Deket SMA Pasundan 2. 

Tempatnya emang kaki lima tapi soal rasa dan harga berani taruhan deh. Bagi yang suka pedes bisa di coba sambel ijo Hot Jeletotnya. (Ngebayanginya aja dah ngiler. :p) Kalo kita dateng kesini jangan nunggu buat dilayanin sama pelayannya karena disini sistemnya "silahkan makan sepuasnnya" jadi kita ngambil piring sendiri ya kaya prasmanan gitu deh. Harga ayam + Nasi itu Rp. 10.000 apa Rp.12.000 lupa hehe. Kalo kesini juga jangan lupa buat beli juice.nya berbagai macam jus harganya cuma Rp. 4000. Jus yang paling aku suka disini itu Strawberry sama Belimbing. Cocok deh abis makan pedes langsung minum itu rasanya cuco. Hehehe

4. RUMAH MAKAN ES CENDOL ELISABETH

Jl. Inhoftank No.64, 40243. Gang sebelah kanan Museum Sribaduga, depan lapangan Tegalega Bandung. Masuk aja terus tanya orang sekitar pasti tau letaknya di sebelah kanan.

Namanya emang Es Cendol Elishabeth. Tapi disini menunya banyak kok ada Bakso, Yamin, Batagor Kuah/Goreng, Kwetiaw, Nasgor, Mie Goreng dll. Tempatnya emang lumayan jauh dari gang sih tapi ga jauh jauh amat kok. Sesuai dengan namanya menu andalan disini ya Es Cendolnya cobain juga Es Goyobodnya. Tempatnya juga luayan luas dan enak cuma sayang daerahnya gersang disini. Tapi kalo niatnya makan mah mau gersang mau engga juga yang penting makan kan? hehe Apalagi pecinta kuliner pasti dijabanin dah. :p hayo ngaku?

5. PEMPEK RAMA

Lurusan Jl. Padjadjaran  Masuk gang namanya Jl. Rama. Kalo dari arah Istana Plaza sebelah kiri jalan.

Sebenernya aku tau ini juga referensi dari internet, pas aku nyoba ternyata emang beneran enak. Katanya sih menu favorit disini itu pempek Lengang. Iya pempek yang panjang itu cuma kalo disini di potong-potong terus di balut telor dadar. Pas waktu itu aku mesenya kapal selam. Tapi ga rugi juga nyoba yang bukan menu favorit. ternyata pempek kapal selamnya juga enak banget ikan tenggirinya itu berasa. Pas aku beli 1 porsi  harganya Rp. 12.000 untuk kapal selam kecil. Dan Rp. 12.000 untuk Lengang.


6. ROTI GANG KOTE

Pokoknya gangnya itu sebelah kiri abis stopan pertama Jl. Jendral Sudirman
Aku tau tempat ini dari Tante aku, sebenernya roti bakar biasa cuma yang bikin beda itu banyaknya toping sama cara ngebakarnya itu kayak bakar sate. Jadi menciptakan sensai tersendiri saat kita memakannya. Rasanya emang beda dari roti bakar lain ya harganyapun bisa dibilang rada tinggi sih dibanding roti bakar lain. Harganya buat roti biasa toping kacang coklat itu Rp. 24.000. Tapi pas aku liat juga ternyata roti kejunya menggiurkan soalnya toping kejunya itu bukan di parut melainkan di slice. Pasti bakal kerasa banget deh kejunya untuk roti bakar keju kisaran Rp. 30.000.

7. BAKMIE JL. KEMUNING

Sebelahan banget sama Prima Rasa di Jl. Kemuning, Bandung. Sebelah kanan Prima Rasa.


Tempat ini referensi aku dari tante aku juga. Bahkan saking seringnya tante aku kesini sampe cees banget sama pemiliknya. Namanya teh Lilis kalo ga salah. Yamin asin sama siomay rebusnya itu bikin ketagihan banget ayam suir di atas yamin dan wangi bakmie chinese yang khas bikin perut gregetan buat cepet makan. Kuah bakso yang seger bikin tambah semangat buat makan. Harganya kalo ga salah kisaran Rp. 22.000. 1 porsinya.

8. ROTI CARI RASA

Jl. Ahmad Yani (Pasar Kosambi). Sejajaran Pasar Kosambi sebelah kanan.

Kalo  sejarahnya roti ini mamah pasti tau banget deh. Katanya dari jaman mamah aku kecil kakek aku itu suka bawain roti Cari Rasa ini jadi sampe sekarang makanan wajib kalo lewat pasar kosambi yang harus di bawa pulang sama mamah itu ya Roti Cari Rasa, mamah aku sih bilangnya Roti Kosambi. Keluarga dari mamah aku itu langganan banget dari awal Roti Cari Rasa ini masih di jual pake gerobak mobil sama pemiliknya sekarang udah di warisin ke anaknya. Padahal mamah aku itu rumahnya di Sarijadi tapi berhubung dulu kakek aku kerjanya di Sarinah (sekarang dah ga ada) jadi ceritanya kalo pulang kerja suka bawain roti buat keluarganya ciee so sweet. Haha tuh kan malah curhat :p. Oke lanjut, Cari Rasa ini punya 3 jenis roti. Ada roti kadet, roti tawar, sama roti manis. Cari Rasa ini dari dulu ga pernah sepi pasti ada terus pengunjungnya. Sampe sekarang dia udah punya ruko sendiri. Harga roti yang tawar keciil itu Rp. 15.000 Tentunya kalo beda toping nambah harga. Untuk yang besar Rp. 22.000. dan yang kadet Rp.5000. Dan hati hati ketipu banyak banget yang ngaku Cari Rasa padahal yang asli itu ada di kosambi.

9. MIE KOCOK MANG DADENG

Berada di Jalan Banteng, dekat pasar buku Palasari atau samping kanan RS Muhammadiyah, 

Pertama kali aku tau tempat ini dari seseorang aku, katanya mie kocoknya enak banget. Karena penasaran pengen nyoba akhirnya kita datengin TKPnya, (Beuh, TKP :p) Pas disana emang bener banyak banget pengunjung dan tempatnya nyaris penuh untung masih ada tempat yang kosong kalo engga bisa waiting list nih. Aku mesen mie kocok nya setengah porsi dengan alasan nyoba dulu takut ga abis. Hehe. Pas nyoba, ternyata wow juga rasanya. Kuahnya itu gurih dan kikilnya itu emang beneran kikil bukan pake kulit sapi biasa kayak kebanyakan mie kocok. Harganya persisnya lupa tapi kalo ga salah kisaran Rp. 15.000 - Rp 25.000. Rekomendasi cara makannya kasih sedikit kecap dan 1 sendok sambalnya di jamin mantaap. 

10. ES SARISONO 

Sarimanah Blok 15 Bandung. Kalo dari arah bawah sebelah kiri jalan.

Sebenernya keberadaan es ini udah dari jaman aku kecil deh perasaan. Kebetulan mamah aku kan asli orang sarijadi, jadi kalo misal aku main ke rumah nenek, kalo pengen yang seger seger suka beli es campurnya disini. Dulu aku suka beli dari jaman harganya masih di bawah sepuluh ribu. Sekrang dah jarang beli lagi sih tapi rasa es buahnya emang sueger buanget susunya itu lumayan banyak dan yang paling penting gulanya itu gula asli bukan pemanis buatan. Jadi, rasanya itu manis seger cocok diminum di siang hari saat cuaca terik. Kalo harga sekrang aku kurang tau pasti soalnya takut dah naik lagi. Klo ga salah sih kisaran Rp. 12.000 kalo buat sekarang mah.

11. LONTONG KARI KEBON KARET

Gg Kebon Karet, Jl. Otto Iskandardinata (Otista), ga jauh dari Stasiun KA Bandung.
Kalo dari arah cicendo sebelah kiri badan jalan. 
Kalo ini aku dapet rekomendasi dari mamah sama papah. Katanya ini salah satu tempat makan faforit mamah sama papah waktu masih jaman pacaran dulu. Aku pernah di ajak kesini, Cuma it so long time ago, Karena berhubung tempatnya masuk gang kecil, jadi buat yang bawa kendaraan parkirnya mesti di depan sebelum gang jadi suka ga pernah jadi kesini karena (kalo bahasa sunda mah) "hariwang" kendaraanya (berhubung aku punya trauma ilang motor :p). Tapi soal rasa karinya enak banget deh. santanya itu kental dan kuahnya gurih. Kisaran harga disini kalo untuk sekarang mungkin sekitar Rp. 15.000 - 25.000. Boleh buat jadi referensi kuliner.

12. Mie Kocok Subur 69

Jalan Suryani Dalam No.8 Bandung, di belakang Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Mineral dan Batubara
Satu lagi update baru tempat kuliner murah, yaitu Mie Kocok Subur 69. Ini rekomendasi dari mamah sama papah mereka bilangnya Mie Kocok Suryani. Katanya dulu kalau pacaran suka kesini juga. Pertama di ajak ke sini sama ortu tempatnya emang kayak rumah gitu keliatan banget kalo tempat ini udah berdiri sejak lama. Dan pas nyoba bener aja ternyata enak banget asli. Kuahnya gurih, mienya enak dan kikilnya buanyak banget. Harga Rp.18.000 (mie kocok spesial) Rp.15.000 (mie kocok campur), Rp.15.000 (mie kocok)

Sebenernya masih banyak lagi sih tempat makan murah di bandung itu tapi belum semuanya aku tau, mungkin di hunting kuliner selanjutnya aku bakalan ngeshare lagi ya tempat-tempat barunya. Maaf kalo emang udah pada tau. Hehe. Ini cuma rekomendasi versi aku aja kok. Kalo ada yang tau tempat lain bisa sharing disini ya? :D Makasih.

10 comments:

  1. Wah Mantap nih,, jadi pingin nyoba es cendol elisabethnya teh... :D

    ReplyDelete
  2. ifa : hehe iya makasih. sok atuh dicoba :)
    alifian : iya terimakasih alifian :)

    ReplyDelete
  3. ngilerrrrrrrrrrrrrrrrrr :D btw sampai sekarang masih jadian tuh ama pacarnya? awet benerrr kalau masih mah :D

    ReplyDelete
  4. Ahmad : Hahaha iya jadi ngiler yak? :p Tapi sayangnya kebetulan 3 bulan yang lalu baru putus. hihihi

    ReplyDelete
  5. Harus coba ke rajakuliner jl.kliningan no.03 buahbatu bandung

    ReplyDelete
  6. Harus coba ke rajakuliner jl.kliningan no.03 buahbatu bandung

    ReplyDelete
  7. Pujasera Merdeka buka sampe jam berapa ya?

    ReplyDelete
  8. makasih atas infonya, kunjungi http://bit.ly/2PQ5HiL

    ReplyDelete