Thursday, August 15, 2013

CARA MENGHADAPI ORANG ALAY

Images : http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/09/1348300491198661440.gif
Udah lama banget rasanya aku pengen posting tentang ini. Baru sempet posting deh sekarang. Kalian tau kan apa itu ALAY? Enath dari mana ini virus berasal dan yang paling penting kalau kita ketemu orang kayak begini yang ada kesel dan illfeel banget. Sebelum aku mau lanjut posting, aku mau minta maaf dulu nih kalau kalau ada orang yang tersinggung gara-gara postingan aku ini. 

Menurut pengalaman yang pernah aku alamin dari SD SMP SMA sampai di Perguruan Tinggi sekarang engga jarang aku ketemu atau bahkan punya temen yang terjangkit virus alay yang kadang bikin frustasi :( Bingung banget gimana cara menghadapinya. Mau ditegur takut kesinggung, kalo di biarin malah bikin illfeel. Aduh pilihan yang sulit sungguh. :(
Saking seringnya nemu orang yang terjangkit virus ini dan sempet bergaul dengan mereka, aku sampai tertantang buat nyari tau dan nelisik sebenernya kenapa mereka bisa terjangkit virus ini? Faktor faktor apa yang mempengaruhi? Dan bagaimana cara menghadapinya? 

Berikut sedikit kita intip ciri ciri alay : 
1. Orang alay itu sering nulis nama dirinya dengan julukan julukan yang menurutnya itu keren.
ex : Chnntyya Cllallue Ksepiandt, Andrie ciie -vhhikingperrsiib- Dll.
2. Orang alay itu ga pernah ngerasa dirinya alay, mereka ngerasa dirinya itu udah termasuk anak gaul
3. Orang alay itu suka berpenampilan nyentrik, menor, anak musiman.
Kalo Cewek : Pake make up yang berlebihan eyeliner tebal, blush on dan eyeshadow dll padahal cuma mau ngampus doang. Kalau yang berkerudung hijabnya nyentrik, seneng banget pake heels dan wedges.
Kalo Cowok : Biasanya suka banget musik Hardcore, Pakaian serba hitam dengan motor berisiknya, Sukanya geng gengan dan nongkrong. Beraninya keroyokan. Doyan godain cewek.
4. Orang alay itu kalau nulis sms kurang lebih seperti ini : 
"Chiiank Olldt,,,,,,, muuph eaa gngghu cmandt mhau ngsihdt taw nophe barhu ciie aqquuw.... Maachi eaa.."
(sumpah, pas liat ada sms begini di HP rasanya frustasi banget daah :( pengen langsusng delete sumpah! )

Kenapa ada orang alay? 
Ya salah satu penyebab utama orang alay itu adalah lingkungan sekitar, (Maaf) biasanya orang yang mudah terjangkit alay ini adalah orang yang cenderung tinggal di daerah yang lumayan jauh dari kota (Walaupun ga semua begitu sih di kota juga banyak yang alay). Jujur aja deh kita semua sempet kok ngalamin alay, cuma ga semua orang berani mengungkapkanya atau bahkan dia sendiri ga sadar tuh kalau dia pernah alay, cuma waktu aja sih yang beda kapan bisa sembuhnya. Seperti yang Raditya Dika bilang "Alay itu suatu proses menuju dewasa" Waktu SMP aku juga sempet ngalamin karena faktor lingkungan, aku dan Alhamdulillahnya sekarang dah sembuh total dari ini virus setelah masuk SMA. Tujuan aku itu pengen banget nyadarin orang orang alay. Karena menurut aku alay itu berasal dari pemahaman pergaulan yang sedikit salah. Contoh nih si A tinggal di daerah, saat si A kecil dia melihat kakak kakaknya berpenampilan alay, dan saat si A dewasa secara ga langsung mind set dia berfikir bahwa penampilan kakaknya itu gaul dan keren, begitulah seterusnya. Semacam siklus yang terus-menerus berlangsung. Untuk sembuh dari alay ini perlu perubahan mindset dan memang cukup sulit sih buat sembuh kalau dukungan dan mayoritas lingkungan disana itu masih alay.

Bagaimana cara menghadapinya?
Sebagian dari kita tentu merasa terganggu dengan kehadiran mereka, tapi jangan sampai juga kita membenci mereka dengan berlebihan. Ingat, yang alay itu penyakitnya bukan orangnya! Bukan berarti para alay harus kita jauhi dan membencinya, Justru kita itu harus membantu mereka sembuh dan kembali normal. Orang yang terlalu berlebihan menjudjge alay berarti mereka itu tidak lebih baik dari pada orang yang terkena penyakit alay ini. Kalau memang lingkungan tempat kita berada itu mayoritas kaum alay, jadikanlah diri kita sebagai kaum minoritas yang membawa mereka kembali ke jalan yang benar. Jangan sampai kita malah terbawa alay, Ingat konsep yang benar bahwa Alay itu penyakit yang harus dihilangkan dari lingkungan remaja era ini. Sabar, adalah kunci utama menghadapinya. Ketika berdiskusi dengan mereka, terkadang ada hal yang membuat hati illfeel banget liat kelakuan dan cara ngomongnya atau bahkan topik yang di bahasnya tapi jangan pernah tunjukin kalau kita membencinya, Kalau emang ga kuat banget sih mending ngehindar dulu aja dan lakukan hal lain.

Bagaimana menyembuhkanya?
Untuk menyembuhkan dan mengurangi populasi alay di lingkungan kita :
1. Kenalkan pergaulan yang benar, perlahan bantulah dia agar keluar dari dunia alaynya.
2. Beri dia dukungan dan tunjukan cara menulis dengan menggunakan EYD yang baik itu tidak secupu yang mereka kira.
3. Kenalkan buku buku dan tempat nongkrong yang memang bukan tempat para alay
4. Butuh kesabaran ekstra untuk merubah mereka karena intinya adalah membawa mereka pada mind set kita yang memandang bahwa alay  itu tidak benar.

Semoga populasi alay di Indonesia ini semakin berkurang dan tentunya berharap ada Profesor yang nemuin vaksinasi virus alay. :D hahahaha
Makasih dah nyempetin baca dan maaf kalau ada salah kata.

8 comments:

  1. kalo menurut gue pribadi alay itu berasal dari sesuatu yang menurut para alayers (sebutan bagi anak alay) terkenal dan dilebih-lebihkan oleh mereka

    ReplyDelete
  2. Setuju sekali, nice article.
    Saya juga ingin berbagi terkait artikel tersebut: buat para orang tua, khususnya ibu-ibu dan juga remaja, sudah saatnya memilih tayangan sinetron/ film yang baik, jauh dari propaganda setan. Salah satu film inspiratif yang layak tonton buat keluarga adalah KACAMATA MAMA MIA. Tentang bagaimana hubungan anak dan orang tua. sederhana dan touchy.. filmnya ada di sini: https://youtu.be/oFDxta2LsjA Semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  3. Sumpah teman SMA ku alay semua najis

    ReplyDelete
  4. wkwk..iya betul😭bhkan bestod di sklh ku pun alay:)

    ReplyDelete
  5. Pacarku juga alayy tapi baik bingung juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama, pacarku juga alay jadii kita senasip hehe

      Delete