Tuesday, August 6, 2013

HUBUNGAN ENFP DAN INFJ

images : http://happenings-of-an-intj.blogspot.com/2013/05/enfp-humor-memes-gifs-and-motivational.html
Sebenernya apa sih INFJ atau ENFP itu, Bagi yang belum tau pasti kalian ada pertanyaan seperti itu yang terlintas di benak kalian. Oke, INFJ dan ENFP itu adalah salah satu Tipe Kepribadian menurut MBTI (Myers Briggs Type Indicator) Tes Kepribadian ini banyak banget di pake perusahaan perusahaan besar buat nentuin calon pelamar yang bakal di terima atau tidaknya kerja di perusahaan tersebut. Kemaren juga sempet jalan jalan ke Gramedia dan nemuin buku MBTI, tanpa pikir panjang aku langsung membelinya. Hehehe :p

Pada dasarnya kepribadian setiap orang itu berbeda karena habitual dan faktor lingkungan terutama keluarga yang jadi pengaruh besar pembentukan karakter manusia itu sejak dini. Aku tegasin deh disini ga ada Tipe Kepribadian yang paling kuat atau lemah karena setiap Tipe Kepribadian itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Dan pada dasarnya setiap Tipe Kepribadian itu saling membutuhkan. (ini nih yang paling penting :) )

Perbedaan kepribadian seseorang itu di lihat dari beberapa aspek, diantaranya
1. Bagaimana seseorang itu memusatkan perhatian (EKSTROVERT-INTROVERT)
2. Bagaimana seseorang itu menerima informasi dari luar (SENSING-INTUITION)
3. Bagaimana seseorang menarik kesimpulan dan keputusan (THINKING-FEELING)
4. Bagaimana pola hidup seseorang (JUDGING-PERCEIVING)

COBA TEST DISINI

Nah, jadi ENFP itu adalah gabungan dari Ekstrovert-Intuition-Feeling-Perceiving sementara INFJ adalah gabungan dari Introvert-Intuition-Feeling-Judging. Dan sebenernya setiap kepribadian itu memiliki pasangan idealnya masing masing. Mari kita bahas.

ENFP 
Secara umum, ENFP dicirikan dgn kelihaiannya membaca orang lain dan menganalisis segala kemungkinan berdasarkan imajinasinya. ENFP sering bosan akan keteraturan dan rutinitas, jarang melakukan suatu hal dengan cara yg sama, dan dikendalikan untuk menyelami hal-hal yg sama sekali baru baginya. Bagi seorang ENFP, hidup adalah suatu petualangan kreatif karena ia melihat potensi positif pada diri setiap orang. ENFP adalah seorang yg menginspirasi dan memotivasi orang lain secara alami. Ia juga senang menolong orang lain untuk bertumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya.


Tampilan Fisik:
Tinggi langsing akan berpembawaan tenang. Ketika berjalan, jarak antar kaki agak lebar dan memiliki tatapan licik. Kadang ketika sedang tidak aktif akan terlihat ekspresi heran atau takjub. Umumnya, hidung lurus dan proporsional dengan seluruh wajahnya.
Pendek penuh lebih terlihat ekstrovert. Mukanya bulat, tembam, dan bertepian lembut. Memiliki senyum yang indah, tatapan mata berbinar, selalu terlihat dalam mood yang baik.
Pilihan baju dan aksesoris umumnya sangat berkarakter terutama pada wanita. Mereka berpakaian dengan cara yang mengindikasikan selera teatrikal atau dramatis.

Karir Ideal: Konsultan, psikolog, wiraswasta, aktor, guru, penasihat, diplomat, politisi, penulis, wartawan, reporter TV, spesialis komputer, programmer komputer, analis sistem, peneliti, insinyur, desainer, human resource, musisi, marketer, suster, pelukis, public relation, ilmuwan, manajer projek, pekerja sosial, pelatih

Pasangan Ideal:
INTJ atau INFJ. Seorang pasangan yang mendukung kreatifitasnya dan perhatian, mengekspresikan apreasiasi terhadap kualitas unik yang dimiliki secara terbuka dan sering.

INFJ
Jika ada satu tipe kepribadian paling langka di dunia ini, itulah INFJ. Ia dianugerahkan daya intuisi paling kuat dimana ia dapat dengan mudah memahami motif terselubung dan meng-X-ray kepribadian orang lain. Kebanyakan dari INFJ mengalami kesulitan untuk menjalani kehidupan. INFJ seringkali dianggap misterius yang sebenarnya karena ia tidak nyaman untuk membagikan imajinasi-imajinasinya pada orang lain. Gaya bahasanya yang rumit, menggunakan banyak metafora yang tidak umum, memang membuatnya tampak intelek, tetapi juga seperti alien. Oleh karenanya, INFJ sangat selektif dalam membagi pemikiran dan perasaannya pada orang lain.

Tampilan Fisik :
Bila kita perhatikan lebih seksama, bentuk wajahnya oval, tetapi ada beberapa INFJ berwajah kotak. Hidungnya lurus dan memanjang, tetapi tidak terlalu jelas. Dalam banyak kasus, INFJ memiliki figure yang langsing dan bergerak dengan cepat kadang kasar. Namun, untuk INFJ yang memiliki figure lebih penuh akan terlihat pergerakan yang kurang aktif. INFJ sangat terkenal dengan ekspresi wajahnya yang lesu atau tidak bersemangat. Bahkan seringkali terlihat menderita padahal mereka sama sekali tidak merasa demikian.

Karir Ideal:
Guru, dokter, praktisi kesehatan, psikolog, psikiater, penasihat, pekerja sosial, musisi, seniman, fotografer, semua pekerjaan yang menyangkut ide-ide baru, berinteraksi dengan orang lain dalam grup kecil, dan lebih nyaman memimpin daripada menjadi pengikut.

Pasangan Ideal:
ENTP atau ENFP. Pasangan yang menghormati nilai-nilai kehidupan dan mengapresiasi kreativitas dan inspirasinya.

That's right, me and him also have this personality type. Ya aku adalah seorang ENFP dan My D.A itu seorang INFJ. Hehehe :)



3 comments:

  1. kalo masalah kelihaian membaca orang lain, jelas INFJ dengan intuisinya jadi nomor 1

    ReplyDelete
  2. gimana dengan infj yang punya prinsip kuat? sampai keadaan seperti apa dia mau menerima prinsip enfp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Infj itu open minded. Mereka tegas, berprinsip, tapi berfikiran terbuka

      Delete