Wednesday, September 10, 2014

TIPS MOVE ON DARI MASA LALU

Walau gimanapun keadaannya aku yakin setiap orang pasti pernah mengalami masa masa terburuk dalam hidupnya. Entah itu perselingkuhan, pengkhianatan, ataupun di tinggal pergi selamanya. Bagi sebagian orang memang mengakui ternyata tidak mudah untuk melanjutkan hidup tanpa dihantui oleh bayang-bayang masa lalu. Ada yang mengeluh untuk sulit move on dan tidak ada pengganti yang cocok.

Tapi percaya ga? Semua itu sebenernya berpusat di pikiran kita, iya otak. Otak layaknya sebuah komputer dalam diri manusia. Setiap kejadian dan hal yang di lewati baik itu senang ataupun sedih akan menjadi sebuah program yang menjadi dasar hidup kita untuk melangkah kedepannya. Contohnya : seorang anak yang sejak kecil sering di pukul dan mendapat perlakuan kasar, itu akan menjadikan dirinya pemalu dan takut untuk mengenal lingkungan luar bahkan dia juga bisa berprilaku kasar terhadap siapapun. Jadi sudah jelas, kan?

Oke untuk itu kali ini aku bakal sharing tentang tips move on dari masa lalu. Aku sendiri pernah mengalaminya dan bukan maksud mau so nasehatin, tapi sebenernya untuk melalui dan sadar dengan apa yang bakal aku share sekarang aja butuh waktu lama dengan mencari berbagai cara yang paling tepat untuk move on. Dan inilah cara paling tepat yang aku temukan sendiri :

1. Jangan terjebak kenangan
Siapa sih yang ga punya kenangan indah? Aku yakin semua orang juga punya kenangan yang ga bisa dilupain gitu aja. Tapi please jangan terjebak disitu. Ketika sebuah hubungan berakhir, berpikirlah bahwa sebuah kenangan tidak akan bisa merubah keadaanmu pada saat ini. Ingat, kamu sudah tidak memilikinya lagi. Jadi untuk apa terus menerus mengingat kenangan itu? Biarkan kenangan itu tetap ada, tapi bukan untuk selalu diingat.

2. Jangan melupakannya
Semakin kamu berusaha melupakan semua yang pernah terjadi, itu semakin membuat kamu susah move on. Kenapa? Pada dasarnya ketika kamu berusaha melupakan, otak akan secara langsung mengingat hal yang akan kamu lupakan tersebut. Jadi, biarkan semua itu menjadi bagian dari hidupmu sebagai bahan evaluasi diri untuk menjadikan kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam mengambil sikap kedepannya.

3. Dont stalking him
Pasca putus, pasti ada perasaan rindu dan ingin tau kabar, tapi menurutku dengan kamu terus stalking alias kepoin si dia. Itu malah membuat dirimu tersiksa. Emangnya kamu yakin udah siap liat dia sama cewek barunya? Ada baiknya untuk sementara waktu hapus semua akun sosmednya dari hidup kamu. Delcon bbmnya, hapus no telponnya, remove semua sosmednya. Bukan untuk memutuskan tali silaturahmi, tapi ini juga demi kebaikan kamu. Dimasa ini kamu perlu waktu untuk menetralisir perasaan cinta mu terhadapnya. And its need a time. Nah ketika kamu merasa hati kamu sudah ternetralisir dari bayangannya dan sudah biasa aja baru boleh deh buka komunikasi sama si dia sebagai teman.

4. Hypnoterapy
Ini sih sebenernya cuma saran aja, ga mesti dilakuin. Ini tergantung dari pribadi kita masing-masing. Tapi bagi aku, hipnoterapis ini banyak manfaatnya buat membantu kita melupakan beban dan masalah yang sedang menimpa kita. Aku jelaskan sedikit, hypnoterapi ini adalah terapi hipnotis yang dilakukan oleh seorang hipnoterapis ntuk membantu merubah pola pikir terhadap suatu masalah dengan cara memberikan sugesti ke alam bawah sadar kita. Sehingga secara tidak langsung kita merasakan manfaatnya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ga percaya? Buktiin aja. Aku sudah kok dan merasakan manfaatnya.

5. Open your heart for others
Ya, coba perlahan buka hati kamu buat yang lain. Jangan menutup diri dengan orang yang tertarik padamu, sekalipun hati kecil kamu tidak ingin pacaran dulu pasca putus tapi bukan berarti membuka hati itu mesti pacaran kan? Cobalah, diluar sana masih banyak cowok dengan berbagai karakter yang berbeda yang mungkin sedang mendekatimu. Siapa tau salah satu dari mereka bisa membuatmu luluh?

6. Yakin pada diri sendiri
Yakinkan pada dirimu bahwa sekarang kamu sendirian, free melakukan apa yang kamu inginkan tapi ingat mesti hal positif ya. Kamu bebas dekat dengan siapapun, main kemanapun sesuka kamu. Hak kamu utuh, dirimu kini menjadi milikmu seutuhnya. Berbeda dengan masa pacaran yang terikat dan tidak bebas dalam melakukan apa yang kamu inginkan. Manfaatkanlah situasi ini sekarang, untuk memanjakan dirimu, bergaul dengan orang-orang, pdkt sama gebetan baru dan banyak hal lagi. Ini menyenangkan loh.

7. Ketika merasa kesepian jangan galau
Ga munafik deh, terkadang aku juga suka ngerasa sepi kok, tapi dont worry and never give up, girl. Di saat kesepian coba deh buat melakukan hal lain misalnya baca novel, curhat sama mamah atau sahabat, hangout bareng temen cewek, masak, beres-beres rumah masih banyak kok yang bisa kita lakuin. Dan jangan sekali-kali ketika merasa sepi kamu coba hubungi mantan pacar kamu. Its a worst choice. Kamu pikir dia bakalan welcome kayak dulu waktu kalian pacaran? Oh big no,girl. Kamu siap kalau responnya jauh dari yang kamu harapkan? Noted, now he just your ex isn`t your boyfriend. Come on!

8. Berdamailah dengan masa lalu
Perasaan sakit hati, kecewa, dan emosi tentu ga bisa dilupain gitu aja. I know that. Coba maafkan semua kesalahan yang pernah di buat oleh si dia. Sekalipun itu menyakitkan, maafkanlah. Dengan memaafkan kita akan terlepas dari perasaan ngenes dan dendam. Dengan itu kita bisa berdamai dengan diri kita untuk mempermudah hidup kita kedepannya. Jika dia selingkuh? Biarkan dia bahagia dengan pilihannya. Dan yakinkan pada dirimu bahwa kamu juga akan dibahagiakan oleh seseorang yang jauh lebih baik dari si dia. Allah sayang sama kita, quotes dari Pak Mario Teguh "pengkhianatan adalah cara paling tidak enak untuk menyelamatkan diri kita" bersyukur Allah tuh nyelametin hidup kita dari orang yang salah sebelum terlambat dan akan menggantikan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Ketika kita sudah bisa mengendalikan pikiran kita dengan cara-cara diatas, kita berdoa pada-Nya untuk diberikan yang terbaik dan kekuatan untuk melalui semua skenario hidup ini. Percaya kalau ini takdir yang emang harus kita lewati. Lihat sisi positifnya.

InsyaAllah, dengan kita berpikiran seperti itu hati kita tenang tanpa beban. Monggo dicoba. Hehe. Semoga tips diatas bermanfaat ya? :)

No comments:

Post a Comment