Wednesday, October 1, 2014

8 SIFAT ORANG YANG GA BANGET DEH

Manusia memang dilahirkan sebagai makhluk yang memiliki kekurangan. Setiap orang tentu pasti memiliki kekurangan, tapi sebenernya orang yang cerdas itu orang yang mampu menyesuaikan diri dengan kekurangannya. Bukan berarti aku mau so nasehatin. Jujur mungkin aku juga ga sepenuhnya lepas dari salah. Tapi yang namanya manusia harusnya bisa ngakalin gimana caranya biar kekurangan itu ga diliatin ke orang sehingga hal itu membuat orang benci.

Sebetulnya ga semua kekurangan itu berasal dari sikap atau watak tapi seberapa besar kita bisa mengendalikan ego. Aku baru ngeh dan sadar ternyata musuh terbesar kita itu adalah ego. Ego bisa membuat pecahnya hubungan persaudaraan. Ego bisa membuat orang benci sama kita, parahnya kalo ga bisa ngendaliin ego itu bisa ngilangin nyawa orang. Memang susah sih ngendaliin ego tapi kalau orang yang ESQ nya bagus dia pasti mampu mengendalikan. Di bawah ini adalah beberapa sifat dari orang yang perlu diperhatikan

1. Si tukang ngitung dosa
Sebagai contoh, seseorang yang ikhlas ketika memaafkan dan menerima kekurangan seseorang belum tentu ikhlas beneran loh tulus dari hati. Ada jenis orang yang kesannya ikhlas maafin dan nerima padahal semua kesalahan kita itu dia tabung di hatinya. Di setiap kesalahan kita, memang terkesan udah maafin. Ini nih ciri orang yang hobby bgt nyimpen kesalahan orang. Hati hati deh kalo deket sama orang gini sebenernya orang kayak gini ga beneran tulus, dan suatu saat apabila di hatinya udah ga mampu nerima semua kekurangan kita dia bisa jahat dan bahkan jadi orang paling tega yang ga pernah kita nyangka sebelumnya.

2. Ga berani nerima tanggung jawab dan ga mau keliatan salah
Ada beberapa orang yang mungkin ketika dia terjebak dalam posisi kegep salah, tapi dia selalu mengelak hal tersebut. Contoh : ketika si A janji dengan si B tapi tiba - tiba si A membatalkan janji sepihak di jam-jam terakhir. Tentu si B marah dong? Marah karena membatalkan janji secara mendadak. Padahal seharusnya si A itu membatalkan janji jauh-jauh sebelum dia pergi janji sama si B. Terus pas ditanya bukannya minta maaf atau ngerasa salah, malah bilang "duh ga tau aku juga soalnya gara2 si C mendadak" kenapa harus nyalahin kesalahan ke orang lain. Kalo emang salah dan berani buat nerima konsekuensinya harusnya dia bisa ngakuin salahnya jangan nyari2 kesalahan orang.

3. Ga gentle
Gentle tuh bukan berarti harus cowok doang, jadi cewek juga harus gentle. Tapi sayangnya ga semua orang punya sifat buat bisa gentle sama keadaan ataupun saat menghadapi masalah. Seorang yang gentle tidak akan meninggalkan tanggung jawabnya apapun keadaan dan kondisinya. Sekalipun meninggalkan tanggung jawabnya tentu punya alasan yang bisa diterima dan bukan berdasarkan keputusan sepihak. Contoh : seorang yang gentle itu berani mengungkapkan apa yang ada di isi hati dan siap menerima konsekuensinya. Si A orang gentle dan si B ga gentle. Tentu pada saat ada masalah yang sama misalnya masalah kegep selingkuh, kalo si A pasti dengan gentle mengakui kesalahannya dan meminta maaf serta cari cara supaya di maafin dengan blng "maaf bgt aku emang salah, iya aku emang suka sama si C, aku mnta maaf aku kayak gini karena ........ dan aku akan tebus kesalahanku" keren lah orang yang bisa ngakuin salahnya. Bedanya sama si B pas kegep selingkuh dia bakal nyari2 kesalahan orang lain, ga ngaku kalo dia salah dan ketika ditanya kenapa alasannya berbelit2 ga fokus pada satu point. Bahkan parahnya dia ga merasa salah dengan blng "ya aku gini karna ga bahagia sm kamu, lagipula dulu juga kamu pernah nakal kan? Terus kamu juga ga bisa ngertiin aku. Aku ga selingkuh dia cuma temen. Trus salah kalo aku deket sama temen?" Boro boro ngakuin salah dan minta maaf yang ada orang kek gini ngajak ribut nyari masalah. Ngeselin orang. Duh jauh jauh deh jangan sampe ketemu orang kek begini.

5. Munafik dan pengecut
Sorry nih agak rasis tapi memang dasarnya gitu kok. Munafik adalah seseorang yang bisa dibilang bermuka dua pura pura baik padahal hatinya dongkol, pura2 care padahal sebenernya kepaksa. Pengecut adalah seseorang yang ga berani buat menghadapi sesuatu yang udah di janjiin sebelumnya. Duh ya Allah jauhin deh dari orang2 gini. Contoh : seorang yang munafik dan pengecut pasti akan lari dan tidak merasa bersalah ketika meninggalkan tanggung jawab dan janjinya gitu aja. So so profesional padahal nyali aje kagak punya duh amyuuun deh cin.

6. Arogan
Siapa sih orang yang ga illfeel liat orang yang arogan. Mungkin memang ga secara langsung nunjukin arogannya. Tapi arogannya udah bisa kecium kok dari gerak gerik dan gelagatnya. Arogan itu adalah perilaku menunjukan bahwa seseorang merasa lebih baik dan merasa dirinya mempunyai sesuatu baik itu materi, keahlian, kepintaran, apapun itu sikap ini sungguh tidak baik, contoh: secara ga langsung menjaga jarak dengan orang2 yang menurutnya tidak satu "level" dengannya. Kasarnya sih gitu. Emang biasa aja ga nunjukin tapi dari sikap bisa keliatan kok. Dia hanya mau bergaul dan terbuka dengan orang2 yang satu lingkungan dengannya. Pembicaraan yang menurutnya menarikpun dengan membangga2kan sesuatu yang dia dapat contohnya ; iya bener, perusahaan saya emang bertaraf internasional bahkan ga menutup kemungkinan karyawannya bisa kuliah lagi di jerman" kasarnya mah gini. Duh ampun deh. Selain itu, pasti pembicaraan yang menurutnya menarik tentang kelebihan sesuatu hal "mobil terbaru yang kemaren di pameran keren ya? Jelas keren lah soalnyaa ...... (dijelasin dah tuh keunggulan mobil itu) biasanya orang gini susah buat muji orang secara langsung, apalagi bilang langsung sama orang yang mau di puji. Wahahaha gengsinya man guede banget.

7. Ga punya perasaan alias kagak peka
Orang yang begini cuma mentingin yang penting posisinya nyaman dan enak, ya orang lain mah mau susah mau sekarat juga bodo amat, alasannya mah ya itu urusan masing2 katanya dan konsekuensi masing-masing. Kalo orang yang punya hati ga akan mungkin tega lah nyakitin orang terdekatnya apalagi orang yang dicintainya. Bisa orang tua, sahabat, pacar. Coba pikir deh kalo orang yang di cintainya aja tega dikhianatin apalagi orang yang ga terlalu deket sama dia atau hanya temannya biasa? Kemungkinanya pasti akan lebih besar buat ngekhianatin.Bahaya orang kek gini. Harus hati hati aja deh kalo ketemu orang kek gini.

8. Gengsinya gede abis
Kalau seseorang yang emang down to earth pas diajak buat gabung sama orang orang yang istilahnya ga satu kelas dan satu lingkungan dengannya pasti mau. Toh mereka juga sesama manusia sama sama ciptaan tuhan, apa salahnya bersahabat dengan mereka? Buat cuma berbaur aja rasanya berat banget. Contoh : kalo emang orang yang down to earth ketika di ajak ngamen  buat galang dana ga akan keberatan dan rela buat ikut juga ga gengsi. Ngapain juga gengsi toh halal kan ngamen? Lagipula orang juga bisa liat mana seseorang yang terpelajar ngamen sama emang pengamen beneran. Dari setelan juga beda keleeeus toh ngamen juga bukan di stopan minta2.  Jadi, ngapain mesti gengsi. Bener ga? Nah sayangnya orang yang gengsian mah selalu ada alasan buat nolak ikutan kegiatan kek gini bilangnye "ngapain mesti ngamen, emang galang dana ga ada cara lain yang lebih baik apa?" dan jelas dong dia pasti ga akan sudi buat ngamen. Tampangnya terlalu mahal buat turun kejalanan. Hidih amit dah.

Emang sih itu hak setiap orang buat jalanin hidup. Itu haknya buat jadi arogan, jadi pengecut, jadi orang egois atau apalah itu mangga mangga aja. Tapi ya ada baiknya sesama manusia itu untuk saling mengingatkan lah agar bisa introspeksi diri. Sorry kalau agak rasis dan frontal hehehe :p abis ngenes dah kalo udah ketemu orang-orang kek gitu.

Sarannya buat orang-orang yang ngerasa kek gitu ya banyak2 istigfar dan minta maaf gih sama orang-orang yang secara ga sadar banyak kalian sakitin. Yakin orang-orang kek gini mah ga akan sadar kalau sifat mereka itu seperti ini. Apa gengsi ya minta maaf doang sama ngakuin salah? Jangan terlalu arogan lah idup cuma sekali keleuuuus. Oh ya, jangan sering2 bikin emosi orang dah dosa loh. Aku yakin orang sesabar dan sebaik apapun kalo ketemu orang-orang kek gini juga bisa jadi rese. Hahaha. 

Ada baiknya yu, buat para pembaca kita doain bareng2 supaya orang2 kayak gini kesalahannya di maafin dan cepet disadarin sama Allah. Semoga tenang di Alam sana dan Amalnya di terima.
Al Fatihah....

(Duh kok jadi kayak doain orang yang mati yak :p) ,hahaha. *bercanda

Sesungguhnya Allah memang Maha Adil dan Maha Tau atas segala sesuatu. Thank`s ya Allah. :)

No comments:

Post a Comment